Jalan-jalan

Liburan Gesit nan Singkat 4 Kota 2 Negara

IMG_20180212_080400

Hai! Maapkan postingan kali ini agak melenceng dari postingan trip Jepang. Tenang aja, yang penasaran nunggu cerita dari Jepang bakal segera saya post lagi kok 😀

Jadi ceritanya bulan lalu saya dan salah satu temen jaman SMA, sebut saja namanya Novera ato biasa saya panggil Cipluk, bakal ngurangin penat (tapi nambah cicilan kartu kredit :p) dengan cara pindah tidur ke Penang, Johor Bahru, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Rencananya, kami bakal muter2 empat lokasi itu kurang lebih selama seminggu. Banyak yang bilang, trip ini tergolong trip yang padat dan melelahkan. Karena rata-rata di satu tempat kami hanya punya kesempatan menginap satu malam dan pindah dari satu kota ke kota lainnya bakal pake bus.

IMG_20180212_142324.jpg

So far, demi bisa jalan2 ke banyak tempat, kami tidak keberatan kalo harus naik bus. Selain itu, kami punya tujuan sendiri di tempat-tempat tersebut. Kalau sesuai rencana, di Penang kami berencana untuk survey beberapa rumah sakit untuk dijadikan acuan medical check up. Rumah sakitnya apa saja, nanti bakal saya ulas setelah ini ya….

Untuk di Singapora sendiri sebenarnya saya tidak ada plan khusus. Rute ini ditambah, karena si Cipluk pengen singgah ke negeri singa itu sekalian kita buktiin lokasi shopping barang braded yang kata temen saya bisa lebih murah sampe 70%. Di Singapura pun, kita cuma mengalokasikan waktu dua hari satu malam aja buat muter2 di lokasi yang emang udah jadi spot turis dan foto2 di sana.

This slideshow requires JavaScript.

Abis dari Singapura, kami lanjut ke Johor Bahru buat main di Legoland. Jujur aja, sebenernya saya bukan pecinta theme park, begitupun Cipluk (kayaknya sih). Tapi kami tetap memutuskan ke sini lantaran penasaran dengan konsep theme parknya yang cukup banyak direview oleh travel blogger. Selain itu, si Cipluk udah terlanjur janji sama ponakan2nya buat beliin merchandise mainan di Legoland. Hahaha!

This slideshow requires JavaScript.

Untuk di Kuala Lumpur sendiri, kami ngabisin duit (a.k.a shopping, berasa banyak duit aja yak). Banyak list barang yangkami cari di KL, dan cukup bikin kantong jebol… Sempat ke Batu Caves juga (yang ketiga kalinya!) dan ruameee banget, beda sama pertama kali ke sana. Cuaca panas bikin naik ke atas makin megap2 deh! Sumpah!

This slideshow requires JavaScript.

Nah, abis dari KL, kami balik lagi ke Penang, karena tiket pulang ke Indonesia emang dari Penang. Di hari-hari terakhir ini kita berdua nyamperin beberapa spot lokasi kuliner di Penang yang katanya enak. Jadi, trip in semacam ditutup dengan happy2 sambil makan enak. Cihuy kan!

This slideshow requires JavaScript.

Buat budget sendiri, setelah saya total2 semuanya (tanpa uang jajan dan transport di sana, saya ngeluarin biaya sekitar Rp2,5 juta. Rinciannya kayak apa? Secara garis besar kayak yang saya paparin di bawah ini.

TIKET
Lop-Sub by Lion Air Rp335.557
Sub-Pen-Sub by Air Asia Rp237.000

HOTEL
Hotel transit di Surabaya Grand Mercure Rp193.024 : 2 = Rp96.512
Hotel di Singapura Lucky 81 Rp488.185 : 2 = Rp244.093
Hotel di Johor Bahru Lavender Inn Rp179.701 : 2 = Rp89.850
Hotel di Kuala Lumpur Sempurna dan Le Apple Rp491.910 : 2 = Rp245.955
Hotel di Penang Red Inn Court dan Super 8 Rp 468.609 : 2 = Rp234.305

TRANSPORTASI ANTAR KOTA
Pen-Sin by bus 65 MYR
Sin-Johor Bahru by bus 3,5 SGD
Johor Bahru-KL by bus 38 MYR
KL-Pen by bus : 42 MYR

WISATA
Legoland : Rp467.325
Wings of time : 9 SGD

Untuk transportasi lokal dan makan selama perjalanan, tidak saya sertakan karena ini sangat tentative dan tergantung masing-masing orang. Selama perjalanan saya membawa MYR sekitar 750 MYR (habis, kalap belanja di KL) dan 200 SGD (masih sisa 100an SGD).

Share cerita lucu selama jalan ini bakal saya tulis di post selanjutnya yahh…^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s